WHAT'S NEW?
Loading...

Mengenal Sistem Operasi, IDE Visual C++, Dan Algoritma Pemrograman

Mengenal Sistem Operasi, IDE Visual C++, Dan Algoritma Pemrograman -- Selamat Pagi Sobat Berbagi Elektro, Nah kali ini berbagi elektro akan memberikan pengenalan sistem operasi, IDE Visual C++, Dan Algoritma Pemrograman. Kenapa kita akan membahas ini, karena didalam elektronika para sobat juga akan melakukan pemrograman baik dalam sistem kendali, mikrokontroler, dan sebagainya. ini merupakan dasar dari teori yang akan kita pelajari selanjutnya.

     Apa itu Sistem Operasi? para sobat mungkin sudah banyak yang tau apa itu sistem operasi. Berbagi Elektro akan menjelaskan dengan mudah apa itu sistem operasi. Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang dipasng pada PC, laptop atau perangkat lain yang berfungsi sebagai perantara atau dalam bahasa tenarnya disebut interface antara pengguna dan perangkat keras.

     Apa saja fungsi dari sistem operasi? fungsi dari sistem operasi adalah sebagai berikut
     1. sistem operasi guna mengatur kerja hardware sehingga bisa dan mudah untuk digunakan.
     2. Mengatur dan mengontrol program aplikasi yang terinstal pada PC.
     3. Melakukan manajemen memory
     4. Memproteksi PC dari Malware, Virus dan ancaman lainya.
     5. Sebagai resource manager dan resource allocator

Berikut adalah gambar mekanisme sistem operasi


Setelah kita membahas secara singkat sistem operasi sekarang kita akan membahas mengenai algoritma dan pemrograman.

Apa itu Pemrograman dan Algoritma..?
     buat para sobat berbagi elektro yang belum tau apa itu Pemrograman, kurang lebih pengertiannya seperti ini Pemrograman adalah proses membuat software komputer dengan menerapkan algoritma dan struktur data tertentu menggunakan bahasa pemrograman. Algoritma adalah metode dan tahapan sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Struktur data adalah tempat tatanan penyimpanan data yang dibuthkan program pada komputer.
Dapat kita skemakan seperti dibawah ini bagan struktur dari program.


     Kode program yang telah ditulis di-compile dan dieksekusi untuk menjalankannya. mungkin ada yang belum tau apa itu compile, compile adalah menerjemahkan kode program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman ke bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer sehingga komputer apa yang diperintahkan. untuk mekanisme eksekusinya dapat kita gambarkan seperti ini 


     Nah untuk mempermudah dalam pembuatan program kita harus membuat flowchart atau diagram alir. flowchart atau diagram alir ini adalah diagram yang digunakan untuk mempresentasikan algoritma atau aliran program secara logika. untuk simbol dalam penggunakan flowchart dapat kalian dari  tabel berikut.


Contoh Sederhana Flowchart 

Sekarang saya akan sedikit membahas mengenai Integrated Development Equipment (IDE) Visual C++, IDE adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. tujuan dari IDE itu sendiri adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak.

Sekian Pengenalan dari Berbagi Elektro mengenai Sistem Operasi, IDE Visual C++ dan Algoritma Pemrograman. Semoga Bermanfaat buat para sobat Berbagi Elektro. Jangan lupa untuk share kepada sobat-sobat yang lain, ajak mereka untuk belajar bersama di Berbagi Elektro.

0 comments:

Post a Comment