WHAT'S NEW?
Loading...

Pengertian, Fungsi, Cara Membaca Resistor


Resistor -- Selamat datang kembali sobat berbagi elektro, kali ini berbagi elektro akan berbagi pengetahuan mengenai komponen-komponen elektronika. Komponen yang akan kita bahas kali ini adalah Resistor. Resistor merupakan salah satu komponen elektronika yang paling sering digunakan pada rangkaian-rangkaian elektronika sobat. kenapa demikian, karena Resistor ini memiliki fungsi untuk menghambat arus listrik yang mengalir pada suatu rangkaian, maka dari itu resistor memiliki sifat resistif (menghambat) dan termasuk salah satu kategori komponen elektronika yang bersifat pasif. Resistor memiliki dua kaki atau dua pin untuk mengatur arus listrik dan tegangan listrik. Satuan atau Nilai dari Resistor ini adalah Ohm (Ω). Karakteristik utama dari resistor adalah resistansi dan daya listrik yang dapat dihantarkan.

 Simbol Resistor

Selain berfungsi untuk membatasi atau menghambat arus listrik, resistor masih memiliki fungsi lain, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Resistor berfungsi sebagai Pembagi Arus Listrik
  • Resistor berfungsi sebagai Penghambat Arus Listrik
  • Resistor berfungsi sebagai Pembagi Tegangan Listrik
  • Resistor berfungsi sebagai penurun Tegangan Listrik
  • Resistor berfungsi untuk mengatur kecepatan motor (Menggunakan Potensiometer/Rheostat). dll 

Kode Warna dan Cara Membaca Nilai Resistor

  • Resistor dengan 4 Cincin Kode Warna
Cara membaca Resistor dengan 4 cincin kode warna  adalah seperti ini warna 1 dan 2 ini adalah angka dari nilai resistor, warna ke 3 adalah faktor pengkali dari nilai resistor, sedangkan warna ke 4 adalah faktor nilai toleransi.
  • Resistor dengan 5 Cincin Kode Warna
Cara membaca Resistor dengan 5 cincin kode warna  adalah seperti ini warna 1, 2 dan 3 ini adalah angka dari nilai resistor, warna ke 4 adalah faktor pengkali dari nilai resistor, sedangkan warna ke 5 adalah faktor nilai toleransi.
  • Resistor dengan 6 Cincin Kode Warna 
Cara membaca Resistor dengan 6 cincin kode warna  adalah seperti ini warna 1, 2, 3 ini adalah angka dari nilai resistor, warna ke 4 adalah faktor pengkali dari nilai resistor, sedangkan warna ke 5 adalah faktor nilai toleransi dan warna ke 6 ini temperatur maksimum yang diijinkan oleh resistor tersebut.

Demikian Sobat Berbagi Elektro pembahasan mengenai Pengertian, Fungsi, Cara Membaca Resistor. Semoga Bermanfaat buat para Sobat Berbagi Elektro. Terus berkunjung dan ajak sobat kalian untuk saling berbagi ilmu disini. Jangan Lupa memberi masukan untuk kemajuan blog ini sobat berbagi elektro

0 comments:

Post a Comment