WHAT'S NEW?
Loading...

Pengertian, Fungsi, Jenis,dan Cara Kerja Kapasitor


Pengertian, Fungsi, Jenis,dan Cara Kerja Kapasitor --- Malam Sobat Berbagi Ilmu Elektro, akhirnya bisa berbagi ilmu lagi dengan kalian. Kali ini kita akan membahas salah satu komponen elektronika lagi yaitu Kapasitor, dalam postingan ini kita akan membahas mengenai Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerja dari komponen tersebut.

Pengertian Kapasitor

Kapasitor merupakan salah satu komponen elektronika pasif yang dapat menyimpan maupun melepaskan muatan listrik, selain dapat menyimpan dan melepas muatan listrik, kapasitor juga dapat digunakan untuk filter frekuensi.

Fungsi Kapasitor

Kapasitor juga sering digunakan pada rangkaian elektronika sama halnya dengan resistor. Hal ini dikarenakan kapasitor memiliki banyak fungsi yang diantaranya :
  • Menyimpan muatan listrik
  • Sebagai Isolator dan Konduktor
  • Filter
  • Penggeser fasa,dsb.

Jenis-Jenis Kapasitor

Kapasitor memiliki 2 jenis yaitu Kapasitor Tetap dan Kapasitor Variabel. Nah didalam Kapasitor Tetap ini juga terdapat berbagai jenis diantaranya adalah kapasitor keramik, polyester, elektrolit(elco), tantalum,dll. Sedangkan pada kapasitor variabel terdapat jenis kapasitor varco dan trimmer. untuk lebih jelasnya kalian dapat bertanya pada mbah google atau nanti akan saya bahas pada postingan berikutnya. 

Cara Kerja Kapasitor

Cara kerja dari kapsitor ini sangatlah mudah untuk dipahami. Kapasitor bekerja dengan cara menyimpan muatan listrik yang mengalir/masuk pada kapasitor tersebut, besar kecilnya muatan tesebut tergantung pada besar nilai kapasitor itu sendiri. Setelah kapasitor terisi muatan tersebut akan mengalir menuju komponen yang membutuhkannya.

Demikian Sobat Berbagi Elektro pembahasan mengenai Pengertian, Fungsi, Jenis,dan Cara Kerja Kapasitor. Semoga Bermanfaat buat para Sobat Berbagi Elektro. Terus berkunjung dan ajak sobat kalian untuk saling berbagi ilmu disini. Jangan Lupa memberi masukan untuk kemajuan blog ini sobat berbagi elektro.

1 comment: Leave Your Comments