WHAT'S NEW?
Loading...

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Dioda

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Dioda --- Dioda merupakan salah saatu komponen elektronika aktif yang terbuat sari bahan semikonduktor.Bahan semikonduktor yang digunakan untuk membuat dioda adalah Germanium dan Silicon. Dioda memiliki dua kaki yang disebut Anoda (+) dan Katoda (-).


Fungsi Dioda

Fungsi utama dari dioda adalah untuk mengalirkan arus dari satu arah dimana arus yang masuk melalui kaki Anoda (+) yang disebut dengan Arus Maju atau Forward Bias dan menghambat arus yang masuk melalui kaki Katoda (-) dari dioda tersebut yang disebut Arus Mundur atau Reverse Bias. Mudahnya seperti ini dioda akan mengalirkan arus apabila arus masuk dari Anoda sedangkan saat arus masuk melalui kaki Katoda dioda tersebut akan mengakibatkan rangkaian tersebut menjadi open circuit.

Berikut fungsi dioda dari beberapa jenis dioda secara umum :
  • Dioda sebagai penyearah arus AC Menjadi DC
  • Dioda sebagai Pengaman tegangan yang masuk dan sebagai penstabil tegangan (Dioda Zener)
  • Dioda sebagai Clipper, Clamper
  • Dioda sebagai Indikator (LED)
  • Dioda sebagai Pengendali (Dioda Schottky)
  • Dioda sebagai Sensor Cahaya (Photo Dioda)

Jenis-Jenis Dioda

Jenis-jenis Dioda diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dioda Penyearah (Rectifier)
Dioda ini memiliki fungsi untuk menyearahkan tegangan, misal kita ingin merubah tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan searah (DC). Dioda inilah yang paling dulu dikenalkan/dipelajari untuk jenis dioda.
  • Dioda Emisi Cahaya (LED)
Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa LED ini merupakan jenis Dioda karena kebanyakan orang LED ini hanya sebuah indikator lampu sebenarnya dioda ini juga memiliki fungsi lain seperti untuk transmisi sinyal cahaya yang dimodulasikan dalam jarak tertentu, sebagai penggandeng rangkkaian elektronik yang terisolir secara total.
  • Dioda Zener
Dioda jenis ini berbeda dengan jenis dioda lainnya yang hanya mengalirkan arus listrik searah. dioda ini juga dapat mengalirkan arus listrik ke arah yang berlawanan. dioda jenis ini memiliki fungsi sebagai penstabil tegangan
  • Dioda Cahaya (Photo Diode)
Dioda ini berfungsi sebagai sensor, seperti sensor untuk alarm, pengukuran cahaya, dan pembacaan pita berlubang. 
  • Dioda Varactor
Dioda jenis ini banyak digunakan pada pesawat penerima radio maupun televisi pada bagian pengaturan suara atau audio.


Sekian penjelasan secara singkat mengenai Dioda. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai jenis-jenis dioda dan cara kerjanya dapat sobat baca pada postingan berikutnya. Semoga Bermanfaat buat para Sobat Berbagi Elektro. Terus berkunjung dan ajak sobat kalian untuk saling berbagi ilmu disini. Jangan Lupa memberi masukan untuk kemajuan blog ini sobat berbagi elektro


0 comments:

Post a Comment